Headlines News :
Home » » Asosiasi BMT Bentuk Lembaga Penjaminan Simpanan

Asosiasi BMT Bentuk Lembaga Penjaminan Simpanan

Written By BMT MITRA AMANAH SYARIAH on Sabtu, 27 Oktober 2012 | 08.12


Asosiasi BMT Bentuk Lembaga Penjaminan Simpanan

Jumat, 23 April 2010, 02:58 WIB
Asosiasi BMT Bentuk Lembaga Penjaminan Simpanan
YOGYAKARTA -- Asosiasi Baitul Maal wa Tamwil (BMT) se-Indonesia (Absindo) akan menjamin dana nasabah, yang disimpan di BMT-BMT yang menjadi anggota asosiasi tersebut, dengan nilai simpanan sampai Rp 25 juta. ''Dana nasabah yang dijamin adalah dana nasabah yang disimpan di BMT-BMT yang telah terinterkoneksi dalam sistem APEX,'' kata Ketua Umum Absindo, Aries Muftie, kemarin.


Aries hadir dalam acara launching ''Kelompok Kerja Monitoring dan Advokasi BMT'' dan Diskusi ''Penerapan Manajemen Berbasis Nilai Syariah'' di Kampus UIN Sunan Kalijaga, Jumat. Acara ini digelar atas kerjasama Lembaga Ombudsman Swasta DI Yogyakarta, Absindo DIY, dan Majelis Ulama DIY.



Tentanga APEX BMT, Aries menjelaskan lembaga ini merupakan induk BMT yang kedudukannya seperti BI-nya para BMT. ''Bedanya, BI adalah lembaga induk perbankan sedangkan APEX BMT adalah lembaga induk yang membawahi BMT yang telah tergabung dalam komunitas Absindo,'' kata dai.



Ia menjelaskan masalah penjaminan dana nasabah BMT ini nantinya akan dikelola oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) BMT. LPS ini akan menjadi anak organisasi dari APEX BMT. Pembentukannya akan dilaunching Mei mendatang. ''Nominal simpanan nasabah yang dijamin maksimal Rp 25 juta,'' katanya.



Dengan adanya LPS BMT ini, katanya, para nasabah yang menyimpan dananya di BMT yang tergabung di dalam Asbindo tak usah khawatir lagi dana mereka akan hilang atau disalahgunakan oleh para pengelola BMT tersebut.



Ia mengatakan LPS ini akan membantu BMT yang mengalami kesulitan likuiditas bila mereka menghadapi penarikan dana mendadak dari para nasabahnya.
Redaktur: Siwi Tri Puji B
Reporter: Youbal Ganesha

Share this article :

0 komentar:

MITRA UMRAH & HAJI PLUS

INFAQ SAUDARA ADALAH SETETES AIR KEHIDUPAN BAGI YANG MEMBUTUHKANNYA SALURKAN ZAKAT,INFAQ, SEDEKAH ANDA MELALUI BAZIS BMT Mitra Amanah Syariah Info : 085279721024 / 085279881117

Recent Comments

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Samsul Mungin | samsul mungin
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Design by Desain Website Published by samsul mungin